Home
news
Budidaya Ikan dalam Ember untuk Optimalisai Lahan Sempit

Budidaya Ikan dalam Ember untuk Optimalisai Lahan Sempit


Senin, 2019-05-13 - 10:04:55 WIB

 

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang banyak digemari oleh masyarakat, sehingga teknologi budidaya ikan lele berkembang cukup pesat di masyarakat saat ini. Salah satunya adalah budidaya ikan lele dalam ember.

Pada Minggu (12/5/2019), budidaya ikan lele dalam ember tersebut menjadi topik pelatihan yang disampaikan oleh Eman Darmawan, S.TP., MP dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Widya Mataram (UWM). Sebanyak 25 peserta dari kalangan muda mudi Dusun Senggotan, Desa Tirtonirmolo Kasihan Bantul menjadi sasaran pelatihan tersebut.

“Teknik budidaya ikan dalam ember ini belum banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini”, kata Eman.

Menurut Eman, pelatihan menyasar daerah tersebut karena merupakan salah satu desa perkotaan yang setiap tahunnya terjadi alih fungsi lahan sawah menjadi pemukiman yang cukup tinggi sebagai akibat perkembangan jumlah penduduk, kepadatan penduduk, dan perkembangan ekonomi. Peserta dikenalkan dengan cara membudidayakan ikan dalam ember, pemilihan bibit ikan, teknis pemeliharaan air dalam kolam, pemberian pakan dan pemanenan.

Dari pelatihan tersebut Eman berharap mampu mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan lahan dan menjadi salah satu solusi pemenuhan konsumsi ikan dimasyarakat serta sumber perekonomian.

©HumasWidyaMataram


Share Berita


Komentari Berita