Home
kemahasiswaan
Pelatihan Penyusunan Proposal PKM

Pelatihan Penyusunan Proposal PKM


Jumat, 2017-11-24 - 13:12:02 WIB

Foto 1. Peserta pelatihan penyusunan Proposal PKM

Bidang Kemahasiswaan Universitas Widya Mataram (UWM) menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada tanggal 17 November 2017 bertempat di Ruang Auditorium Fakultas Ekonomi. Kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut dari kegiatan pembekalan kepada mahasiswa yang telah dilaksanakan pada 10 November 2017. Pelatihan penyusunan proposal PKM dilaksanakan untuk memberikan gambaran dan motivasi kepada mahasiswa sehingga akan terbantu dalam proses pengajuan proposal PKM. Pada pelatihan tersebut Bidang Kemahasiswaan menghadirkan dua narasumber dari Universitas Islam Indonesia yakni Dr. Unggul Priyadi, M.Si dan Arif Fajar Wibisono, SE., M.Sc.

Foto 2. Sambutan Wakil Rektor III Dr. Jumadi, SE., MM sekaligus membuka acara Pelatihan Penyusunan Proposal PKM

Wakil Rektor III Dr Jumadi, SE., MM berkesempatan membuka acara pelatihan mewakili Rektor UWM. Dr. Jumadi menyampaikan bahwa civitas akademika harus saling memberikan support supaya penulisan proposal dari tahap pra proposal sampai selesai dapat berjalan dengan baik dengan hasil yang optimal. Apresiasi dan reward akan diberikan untuk memotivasi dosen dan mahasiswa dalam mengajukan proposal, tegas Dr. Jumadi yang juga Dosen Fakultas Ekonomi.

Dalam pelaksanaannya, Acara dibagi menjadi dua sesi. Dr. Unggul Priyadi sebagai narasumber pertama menyampaikan PKM secara umum dan kiat-kiat untuk memperoleh hibah PKM kepada para peserta pelatihan yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari seluruh program studi di UWM. Sedangkan untuk narasumber kedua pada sesi kedua yakni Arif Fajar Wibisono, SE., M.Sc menyampaikan materi PKM lebih spesifik lagi yang meliputi PKM 5 Bidang diantaranya 1). PKM Penelitian, 2). PKM Kewirausahaan 3). PKM Pengabdian Masyarakat 4). PKM Penerapan Teknologi dan 5). PKM Karya Cipta serta PKM Karya Tulis (PKM-KT) yang terdiri dari PKM Artikel Ilmiah dan PKM Gagasan Tertulis. Dalam penyampaianya juga diceritakan tentang proses mengenalkan PKM kepada dosen dan mahasiswa sampai mau menulis dan mengajukan proposal PKM.


Foto 3. Dr. Unggul Priyadi, M.Si dan Arif Fajar Wibisono, SE., M.Sc dalam penyampaian materi PKM

Antusias mahasiswa dan dosen terlihat pada saat sesi tanya jawab dan diskusi serta bimbingan teknis yang dipandu oleh Kepala Biro III Muhamad Rusdi, SH., M.Hum sebagai moderator acara.

Dalam rangka mengoptimalkan program, Bidang Kemahasiswaan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UWM. Diakhir acara dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan oleh Wakil Rektor III kepada kedua narasumber. ®Humas Widya Mataram


Share Berita


Komentari Berita